Tuesday, April 13, 2010

Pasar Uang

Dalam ilmu ekonomi dikenal dua type pasar.

Pertama, PRODUCT MARKET (pasar untuk barang produksi dan jasa). Termasuk kedalam kategori ini adalah pabrik-pabrik yang menghasilkan barang serta jasa-jasa yang disediakan oleh industri jasa.

Kedua, adalah FACTOR MARKET yakni pasar untuk factor-faktor produksi, seperti buruh (labor), modal (capital), tanah (land) dan mesin-mesin (machines).

Financial market (pasar keuangan) termasuk kedalam kategori kedua yakni factor market. Pasar keuangan secara garis besar dapat dibagi kedalam dua kategori.

Pertama, MONEY MARKET (pasar uang) dan kedua CAPITAL MARKET (pasar modal).

Per definisi pasar keuangan adalah pasar dimana asset-asset keuangan diperdagangkan. Sementara pasar dimana asset-asset keuangan diperdagangkan untuk settlement lebih cepat disebut dengan pasar SPOT (spot market) atau sering juga disebut CASH MARKET (pasar kontan).

ASSETS per definisi adalah suatu bentuk kepemilikan yang mempunyai nilai untuk diperdagangkan atau ditukarkan.

Asset terbagi kedalam dua kategori:

1). TANGIBLE ASSET yakni asset-asset yang bisa dilihat dan dirasakan seperti tanah, gedung dan mesin-mesin.

2). INTANGIBLE ASSET yakni asset-asset yang tidak berbentuk secara fisik. Seperti merek, brand, hak paten juga polis asuransi termasuk kedalam kategori ini.

Fungsi Asset-asset Keuangan:

1. Mentransfer dana dari mereka yang memiliki dana lebih (surplus) untuk diinvestasikan kepada mereka yang membutuhkan dana tersebut dan kemudian di investasikan pada asset-asset tangible;

2. Mentransfer dana sedemikian rupa sebagai upaya untuk meredistribusi resiko-resoko yang tidak bisa dihindari yang terkait dengan arus kas (cash flow) yang diperoleh dari tanggibel asset diantara mereka yang peminjam dan penyedia dana;

Fungsi dari Asset Keuangan

1. Interaksi antara pembeli dan penjual pada pasar keuangan dalam menentukan harga asset-asset yang diperdagangkan. Proses ini disebut Price discovery Process;

2. Menyediakan mekanisme untuk investor untuk menjaul asset-asset keuangannya. Karennya dikatakan bahwa pasar keuangan menawarkan liquiditas;

3. Untuk mengurangi biaya trasaksi yang biasanya terdiri dari Serach Cost seperti biaya iklan, biaya implicit, serta waktu yang idhabiskan untuk mencari counterparty; biaya lain adalah biaya informasi.


Klasifikasi Pasar Keuangan

Pasar keuangan dapat diklasifikasikan kedalam 5 bentuk:

1. Klasifikasi berdasarkan bentuk klaim nya:
• Pasar Utang (Debt Market);
• Pasar Equitas (Equity Market);

2. Klasifikasi berdasarkan jatuh tempo klaim nya:
• Pasar uang (money market), yakni jatuh tempo kliam kurang dari 1 tahun;
• Pasar Modal (capital market), yakni jatuh tempo klaim lebih dari 1 tahun;

3. Klasifikasi berdasarkan “musim” klaim nya:
• Pasar pertama (primiary market);
• Pasar kedua (secondary market);

4. Klasifikasi berdasarkan delivery nya:
• Cash atau spot market;
Derivative market;

5. Klasifikasi berdasarkan struktur organisasi nya:
Auction Market;
• OTC (Over the counter market)
• Intermediated market;


Globalisasi Pasar Keuangan

Globalisasi adalah terintegrasinya pasar keuangan dunia kedalam pasar keuangan international. Beberapa faktor yang memicu terjadinya integrasi pasar keuangan dunia adalah:

Pertama, deregulasi dan liberalisasi pasar dan aktifitas para participant pasar pada pusat-pusat keuangan diseluruh dunia;

Kedua, Ada dan tersedianya tehnologi tingkat tinggi untuk memonitor pasar dunia, mengeksekusi order serta menganalisis semua peluang-peluang yang ada dan yang mungkin timbul;

Ketiga, Semakin terinstitusionasisanya pasa keuangan dunia;


Klasifikasi Pasar Keuangan Dunia

Secara garis besar ada dua klasifikasi pasaar keuangan dunia:

Internal Market (pasar internal) atau disebut juga national market (pasar nasional) yang terdiri dari pasar domestic (domestic market) dan pasar asing (foreign market).

Ada beberapa pasar asing yang terkenal yakni, yankee market – pasar asing di Amerika Serikat, Samurai market – pasar asing di Jepang, bulldog market – pasar asingdi Inggris, rembrand market – pasar asing di Belanda, matador market – pasar asing di Spanyol.

Kedua adalah External Market (pasar eksternal) atau disebut juga International market atau offshore market atau disebut juga Euro Market).

Paling tidak ada dua karakteristik dari international market:

Pertama pada saat securities dikeluarkan / dijual maka sekuritas itu ditawarkan pada waktu yang bersamaan kepada seluruh investor di seluruh dunia;

Kedua, sekuritas tersebut dikeluarkan diluar dilebih dari satu jurisdiksi suatu Negara. Paling tidak di dua Negara yang berbeda.


Fungsi Financial Intermediaries

1. Menyediakan intermediasi yang jatuh tempo;
2. Mengurangi resiko melalui diversifikasi;
3. Mengurangi biaya kontrak dan proses informasi;
4. Menyediakan mekanisme pembayaran;

Ada 3 kategori financial intermediaries:

1. Institusi deposito (depository institution);
2. Institusi tabungan yang bersifat kontrak (contractual savings institutions);
3. Investment intermediaries;

No comments:

Post a Comment